Asuransi Dana #Pensiun Hari Tua

Asuransi Dana Pensiun Hari Tua – Menepis nasib suram saat masa pensiun tiba

Usia muda berfoya-foya, masa tua kaya-raya. Siapa yang tidak ingin melakoni pembabakan hidup seperti itu? Anda pun tentu menginginkan menikmati masa tua yang nyaman dan serba berkecukupan.

Sayang, hanya segelintir orang yang bisa menikmatinya dan lebih banyak yang harus melewati usia senja dengan penuh kesuraman. Orang sering lupa menyusun rencana keuangan yang matang sejak dini untuk menyambut hari tua.

Semua orang harus merencanakan masa pensiun sejak dini. Pasalnya, kebutuhan hidup masih ada meski penghasilan tetap sudah berhenti. Apalagi kalau Anda masih memiliki beberapa kewajiban yang harus dibayar. Misalnya, cicilan rumah dan mobil, yang biasanya bertenor panjang.

Agar masa pensiun terjamin, Anda bisa memilih produk asuransi pensiun. Tapi, sebelum memilih produk pensiun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Asuransi pensiun wajib dibeli saat Anda telah mendapat penghasilan atau bekerja. Asuransi dibeli Sedini mungkin lebih baik karena premi akan semakin kecil.

Langkah pertama yang dilakukan adalah menghitung terlebih dahulu besaran manfaat pada kebutuhan pensiun.

Cara menakar kebutuhan untuk usia tua adalah dengan merencanakan gaya hidup yang diinginkan pada saat itu. Jadi, selain kebutuhan pangan sehari-hari, Anda bisa memasukkan biaya untuk melakoni hobi. Maklum, hobi bisa menjadi salah satu kebutuhan ketika Anda sudah tidak bekerja lagi.

Dalam menghitung besaran kebutuhan pensiun, jangan lupa memasukkan perkiraan kenaikan inflasi yang rata-rata sekitar 10% per tahun. Karena itu, kebutuhan pensiun bisa dimaksimaalkan manfaatnya jika memilih produk asuransi pensiun yang berbalut investasi atau biasa disebut unit link. Imbal hasil investasi yang diperoleh dari produk tersebut dapat menangkal kenaikan kebutuhan akibat inflasi.

Pilihan produk

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih produk asuransi pensiun adalah manfaat yang diberikan. Asuransi menawarkan setidaknya dua skema pemberian manfaat atau tunjangan pensiun.

Pertama, pemberian tunjangan pensiun secara tunai sekaligus saat memasuki masa pensiun yang telah ditentukan. Jenis ini cocok untuk Anda yang telah menghitung secara pasti besaran biaya hidup masa pensiun. Produk ini juga pas buat orang yang memiliki usaha atau penghasilan tidak tetap meski sudah menginjak usia pensiun.

Kedua, pemberian tunjangan pensiun secara berkala atau iuran pasti, misal setiap tahun atau bulanan. Jenis tunjangan ini cocok bagi Anda yang memiliki aset terbatas saat usia senja. Sebab, iuran pasti bisa menjamin minimal kebutuhan dasar hidup seperti makan dan minum.

Sebenarnya, ada pilihan lain untuk memenuhi biaya hidup di masa pensiun. Meski melindungi masa tua, asuransi pensiun memiliki kelemahan dibandingkan berinvestasi reksadana dari sisi perolehan keuntungan. Investasi rutin pada reksadana dengan kenaikan return sekitar 20% saban tahun, bisa menjadi pilihan bagus untuk membiayai pensiun.

Selanjutnya, Anda tinggal memilih produk asuransi pensiun yang sesuai dengan kebutuhan dan isi kantong.

Informasi detail tentang ASURANSI PENSIUN PRUDENTIAL silahkan hubungi email : agenasuransipru [at] gmail.com

Advertisements

About rh

Saya terdaftar sebagai AGEN ASURANSI PRUDENTIAL yang berada di kantor FUTUREINC AGENCY, Jakarta. Saya punya visi, keinginan, mimpi, harapan dan keinginan untuk diri pribadi , keluarga, orang-orang terkasih maupun lingkungan sekitar dimana saya hidup dan tumbuh berkembang. MIMPI SEJUTA DOLLAR! Rahadian Herry (RH) AGEN ASURANSI PRUDENTIAL Email 1 : agenasuransipru [at] gmail.com Email 2 : rahadianhr999 [at] yahoo.com
This entry was posted in Financial Planning and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s